Menghargai Waktu Dengan Mengelola Aktivitas


Pernahkah kita bertanya pada diri kita sendiri tentang ”bagaimana pola aktivitas harian kita ?”, ”apa yang seharusnya kita lakukan dan apa yang seharusnya tidak kita lakukan?”, "kapan kita melakukannya?" dan "bagaimana kita melakukannya?". Pertanyaan-pertanyaan penting untuk dapat mengetahui pola aktivitas kita. Tanpa mengetahui, mengenali dan memahami pola aktivitas harian kita, maka kita tidak akan dapat mengelolanya dengan baik pula. Hidup yang bermakna, hanya dapat ditemukan kalau kita dapat mengelola aktivitas harian kita.

Mengelola aktivitas harian sama artinya dengan mengelola waktu. Waktu adalah kehidupan. Menghargai waktu sama artinya menghargai hidup yang dianugerahkan kepada kita. Setidaknya ada beberapa rangkaian hal yang bisa kita lakukan untuk dapat mengelola aktivitas, a.l:

1. Merencanakan aktivitas yang rinci dan Jelas
Merencanakan aktivitas harian adalah langkah awal memulai pengelolaan aktivitas untuk  kehidupan yang lebih baik. Kita bisa memulai dengan mengidentifikasi aktivitas yang akan kita lakukan dan menuliskannya di secarik kertas, di buku agenda di smartphone, di komputer dekstop kita. Makin jelas, makin rinci kita merencanakan aktivitas harian kita, makin baik. Namanya saja rencana, maka dia harus dibuat sebelum hari atau minggu atau bulan yang bersangkutan. Renacana idealnya memuat apa yang dilakukan, dimana dan kapan dilakukan. Sumber daya apa yang diperlukan dalam melaksanakan aktivitas dan jangan lupa hasil yang diharap dari aktivitas yang kita rencanakan itu.

2. Mengorganisi  aktivitas
Setelah aktivitas yang akan dilakukan diidentifikasi selanjutnya aktivitas itu diorganisir. Mengorganisir aktivitas dapat dilakukan dengan menyusun prioritas. Prioritas akan memberi gambaran tentang aktivitas yang sangat penting, penting, tidak penting dan sangat tidak penting. Aktivitas mana yang bisa didelegasikan dan aktivitas mana yang harus dikerjakan sendiri. Setelah prioritas didapat, selanjutnya disusun skedul waktu pelaksanaan aktivitas. Bila ada dua kegiatan yang ternyata waktu pelaksanaannya bersamaan, maka prioritas menjadi sangat membantu untuk memutuskan.

3. Melaksanakan Aktivitas
Melaksanakan aktivitas merupakan suatu tindakan menjalankan apa yang telah kita rencanakan. Perencanaan yang baik akan memudahkan kita dalam melaksanakan aktivitas. Kita tinggal mengikuti saja skedul yang telah dibuat. Pelaklsanaan rencana membutuhkan hal yang bersifat non teknis yaitu mentalitas. Disiplin diri.Disiplin tidak berarti kaku. Terkadang ada beberapa aktivitas yang bersifat tak terduga dan karenanya tak tersencana, misalnya melayat.

4, Mengevaluasi Pelaksanaan Aktivitas
Di penghujung hari, baik kalau kita mengevaluasi dengan membandingkan rencana dan pelaksanaan. Sejauh mana aktivitas yang direncanakan telah dilaksanakan. Mencoba melihat penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya maka kita sebenarnya telah menemukan solusi perbaikan untuk ditindaklanjuti di hari esok agar pelaksanaan rencana menjadi lebih baik.

5. Merefleksi diri berdasarkan hasil evaluasi.
Hasil evaluasi memberikan gambaran kepada kita bagian-bagian mana dari hidup kita yang harus diperbaiki. Apakah dalam hal "merencanakan" atau dalam hal "mengorganisasikan" atau dalam hal "melaksanakan" atau ketiga-tiganya. Dari situ kita memperoleh pelajaran tentang nilai-nilai hidup yang dapat kita petik melalui refleksi firi. Hasil refleksi diri menjadi kesadaran dan niat yang merupakan bekal kita di hari esok.

6. kembali ke poin 1.
Hasil evaluasi dan refleksi diri menjadi bahan untuk merencanakan aktivitas hari esok.

Demikian seterusnya, rangkaian poin 1 sd 6 dilakukan setiap hari. Sulit, memang, bila belum terbiasa. Tapi sulit bukan berarti tidak bisa. Setiap kita, siapa pun kita, memiliki naluri alamiah untuk selalu berharap bahwa hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini. Ini bekal baik untuk dapat menjalankan poin 1 sampai dengan poin 6 setiap hari. Bagaimanapun dengan melakukan poin 1 sd 6, artinya kita telah berusaha untuk  lebih menghargai waktu.Waktu adalah kesempatan. Kesempatan hidup. Menghargai waktu adalah menghargai kehidupan.


Hari ini telah dibaca  kali

Postingan Populer

Postingan Lain Yang Perlu Dibaca

Dimensi Kualitas Produk Jasa