Subyek Pengambilan Keputusan: Individual dan Kelompok


Berbicara tentang subyek pengambilan keputusan berarti berbicara tentang siapa yang mengambil keputusan. Pengambilan keputusan dapat dilakukan oleh individu tertentu dalam organisasi, namun bisa juga dilakukan oleh sekelompok orang (kolegial). Keputusan yang diambil oleh individu maupun oleh kelompok, masing-masing memiliki kelebihan an kekurangnnya sendiri-sendiri.

 Pengambilan keputusan oleh individu memiliki kelebihan dalam hal kecepatan. Artinya pengambilan keputusan dapat dilakukan secara relatif lebih cepat tidak perlu menunggu persetujuan dari orang lain. Pengambilan keputusan oleh individu dalam prosesnya tidak melalui pertentangan pendapat, dan bila keputusan diambil oleh indiviu yang memiliki kemampuan tinggi dan pengalaman yang luas, maka keputusan yang diambil cenderung tepat.

Di sisi lain, pengambilan keputusan oleh individu memiliki kekurangan salah satunya adalah bila individu yang mengambil keputusan memiliki kemampuan yang rendah dan pengalaman yang kurang, maka keputuan cenderung tidak tepat. Bagaimanapun, perlu diingat bahwa setinggi-tinggi kemampuan seseorang tentu terselip batas-batas kekurangan sebagai manusia.

Kelemahan yang lain adalah bahwa meskipun pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cepat, namun kecepatan tersebut dapat menjadi celah kelemahan bagi kurangnya pertimbangan yang mengakibatkan keputusan menjadi tidak tepat. terakhir, tanggung jawab kesalahanpengambilan keputusan menjadi beban individu yang bisa menjadi tekanan tersendiri.

Demikian halnya keputusan yang dibuat oleh kelompok, juga memiliki plus minus. Sisi plusnya adalah keputusan yang dibuat oleh kelompok cenderung merupakan hasil pemikiran beberapa orang yang salig melengkapi.. Kesalahan dalam pengambilan keputusan menjadi beban bersama.

Pengambilan keputusan berkelompok dapat menjadi sarana pemberian kesempatan pada setiap anggota organisasi untuk berpendapat, melatih disilin kelompok melalui tekanan masyarakat untuk berkeputusan, serta memupuk kerjasama kelompok dalam memecahkan masalah.

Sedang sisi minus atau kelemahannya adalah pengambilan keputusan membuka kemungkinan pertentangan pendapat yang berakibat pada waktu pengambilan keputusan yang berlarut-larut dan kemungkinan terjadinya saling lempar tanggung jawab bila terjadi keslahan. Pengambilan keputusan kelompok juga dapat membatasi keinginan individu. dengan demikian inividu menjadi termanipulasi oleh kelompok. Selebihnya pada pengambilan keputusan kelompok membuat pimpinan kurang leluasa mengemukakan ide dan kurang leluasa mengemukakan ide dan kurang mendapat kesempatan untuk memperoleh dan mengakomodasi saran dari para konsultan.

Terlepas ari apakah pembuatan keputusan dilakukan oleh individu atau sekelompok orang, pada prinsipnya ada setidaknya tiga kekuatan yang senantiasa berusaha mempengaruhi suatu keputusan. Tiga kekuatan tersebut adalah dinamika individu dalam oragnisasi, dinamika kelompok orang dalam organisasi dan dinamika lingkungan organisasi.

Untuk dapat mengambil keputusan diantara tiga kekuatan tersebut, diperlukan kemampuan yang dapat mengakomodasi perubahan (dinamika) ketiga kekuatan tersebut. Lebih jauh, pengambilan keputusan harus berdampak pada terjadinya perubahan pada tiga kekuatan tersebut., baik dari segi tujuan, kebijakan, kegiatan maupun sarana yang digunakan.

Setiap orang dalam organisasi dapat dilihat sebagai sosok yang memiliki kepribadian ganda dalam artian satu sisi kepribadian individu dan sisi lain adalah kepribadian kelompok  yang timbul karena inividu tersebut hidup dalam kelompok. Idealnya, kepribadian yang gana tersebut dapat menyatu menjadi kepribadian tunggal dimana tujuan pribadi sesuai dengan tujuan kelompok atau organisasi.

Hal lain, lingkungan juga perlu mendapat perhatian karena antara organisasi dan lingkungan memiliki hubungan saling mempengaruhi. Oleh karena itu, tindakan atau keputusan organisasi perlu mempertimbangkan suasana lingkungan. Bagaimanapun suatu keputusan merupakan awal mata rantai dari rangkaian kegiatan selanjutnya.

Hari ini telah dibaca  kali

Postingan Populer

Postingan Lain Yang Perlu Dibaca

Dimensi Kualitas Produk Jasa

Arsip Blog