Tips Meminimumkan Kesalahan Dalam Menentukan Inti Masalah.
Telah dibahas dalam artikel yang lain, bahwa menentukan inti masalah dari sebuah persoalan bukanlah barang mudah. Diperlukan proses identifikasi. Proses penelusuran. Perlu diingat ada banyak kesulitan untuk itu, di satu sisi dan di sisi lain bila salah menentukan inti masalah maka solusi-solusi yang diberikan pun tidak akan menyelesaikan masalah karena solusi-solusi tersebut tidak relevan dan tidak menyentuh akar masalah yang sebenarnya. Gejala masalah mungkin hilang sesaat, tetapi masalahnya tidak selesai.
Mengingat akibat yang ditimbulkan karena keliru dalam menentukan inti atau akar masalah, maka berikut diberikan tips yang kiranya dapat digunakan untuk meminimumkan kesalahan dalam mengidentifikasi dan merumuskan masalah. Ada baiknya, proses identifikasi masalah dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Pertama, obyek masalah harus dapat ditemukan lebih dulu. Selanjutnya dirumuskan sifat atau aspek dari masalah tersebut.
Kedua, memverifikasi masalah. Artinya, memastikan apakah obyek masalah yang ditemukan memang merupakan obyek masalah yang sesungguhnya. Untuk keperluan tersebut perlu dilakukan pengumpulan data sebagai pendalaman terhadap peristiwa/ kejadian/ data awal yang mengindikasikan adanya masalah. Bagian obyek masalah mana yang relevan, dimana letak penyimpangannya seberapa besar penyimpangan yang terjadi, kapan penyimpangan tersebut terjadi? Semua itu perlu diklarifikasi dan diverifikasi.
Ketiga, menentukan penyebab timbulnya masalah. Bagaimanapun setiap penyimpangan yang tidak sesuai harapan selalu ada penyebabnya. Penyebab-penyebab tersebut harus dapat ditentukan dengan tepat.
Keempat, menguji ketepatan penyebab. setelah diketahui kemungkinan-kemungkinan penyebab, penyebab-penyebab trsebut prlu diuji ketepatannya. Perlu dipastikan apakah penyebab tersebut benar-benar merupakan penyebab timbulnya masalah atau hanya sekedar akibat. Untuk itu setiap kemungkinan penyebab yang ditemukan, harus senantiasa dicari, dicek dan diuji sampai penyebab yang sebenarnya dapat ditemukan.
Semoga tips diatas bermanfaat untuk menentukan inti atau akar masalah yang sebenarnya dari apapun persoalan yang sedang dihadapi sehingga solusinya pun dapat merupakan solusi yang tepat sasaran.
Labels:
Akar Masalah
,
Decision Making
,
Pengambilan Keputusan
Hari ini telah dibaca kali
Postingan Populer
-
Sebagai suatu proses, pengambilan keputusan terdiri dari beberapa tahapan. Individu atau kelompok atau organisasi dalam pengambilan sua...
-
Pesan bahwa kita sebaiknya tidak meremehkan perkara kecil atau mungkin sepele dapat diperoleh dari sebuah syair kuno Jepang yang berbunyi...
-
Performance Management . Kata Performance di sini sering diartikan sebagai kinerja, hasil kerja atau prestasi kerja. Namun, sebenarnya ki...
-
Apa itu retensi karyawan? Definisi atau pengertian retensi karyawan sering diartikan sebagai upaya untuk mempertahankan karyawan di dal...
-
Penerapan manajemen kualitas adalah hal sangat penting untuk menciptakan keunggulan daya saing. Keberhasilan menerapkan manajemen kualit...
-
Setiap orang atau organisasi yang akan melakukan pengambilan keputusan selalu memiliki tujuan yang terkait dengan keputusan yang diambiln...
-
Berbicara tentang subyek pengambilan keputusan berarti berbicara tentang siapa yang mengambil keputusan. Pengambilan keputusan dapat dila...
-
Saat kita sedang dalam proses mengambil keputusan, maka pengambilan keputusan itu akan menyangkut beberapa komponen atau unsur. Komponen ...
-
Dukungan Organisasional yang dipersepsikan atau dalam istilah kerennya adalah Perceived organizational support (POS) merupakan persepsi k...
-
Mutu tidak hanya ada dalam institusi bisnis, tapi mutu juga telah menjadi kebutuhan dalam institusi pendidikan. Hal ini ditunjukkan agar...
Postingan Lain Yang Perlu Dibaca
Arsip Blog
-
▼
2018
(48)
-
▼
Mei
(34)
- Dampak Implementasi Manajemen Kualitas ISO 9000
- Model Konseptual Kualitas Jasa (Conceptual Model o...
- Model Kualitas Jasa Terpadu (Total Quality Service)
- Model Kualitas Segitiga Jasa (Service Triangle)
- Tips Memperbaiki Kualitas Jasa Pelayanan
- Sudut Pandang Pendekatan Dalam Melihat "Kualitas"
- Pendekatan Inovatif Mengukur Kualitas
- Mengukur Kualitas Melalui Penelitian Pasar
- Pengukuran Kualitas Melalui Perhitungan Biaya
- Karakteristik Ciri Produk Jasa
- Apa yang dimaksud dengan "Kualitas"?
- Sertifikasi Standard Internasional ISO 9000
- Kapan Perlu Sertifikasi ISO-9000?
- Tips Agar Berhasil Mengimplementasikan Sertifikasi...
- Sertifikasi Kualitas Standard Internasional
- Standard Kualitas Internasional
- Hubungan Biaya Kualitas dan Pengawasan Kualitas
- Komponen Biaya Kualitas
- Dimensi Kualitas Produk Jasa
- Dimensi Kualitas Produk Barang
- Lima Pilar Manajemen Kualitas
- Pentingnya Manajemen Kualitas
- Sejarah Singkat Manajemen Kualitas
- Apa Itu Manajemen Kualitas?
- Subyek Pengambilan Keputusan: Individual dan Kelompok
- Komponen Pengambilan Keputusan
- Mendapatkan Gagasan Alternatif Sebelum Mengambil K...
- Langkah-Langkah Mengumpulkan Data Dan Informasi Ya...
- Tips Meminimumkan Kesalahan Dalam Menentukan Inti ...
- Kendala Dan Kesulitan Dalam Menentukan Inti/ Akar ...
- Tahapan Pengambilan Keputusan
- Proses Pengambilan Keputusan
- Tujuan Pengambilan Keputusan
- Tahukah Anda Apa Sebenarnya Yang Dimaksud Pengambi...
-
▼
Mei
(34)