Tips Meminimumkan Kesalahan Dalam Menentukan Inti Masalah.



Telah dibahas dalam artikel yang lain, bahwa menentukan inti masalah dari sebuah persoalan bukanlah barang mudah. Diperlukan proses identifikasi. Proses penelusuran. Perlu diingat ada banyak kesulitan untuk itu, di satu sisi dan di sisi lain bila salah menentukan inti masalah maka solusi-solusi yang diberikan pun tidak akan menyelesaikan masalah karena solusi-solusi tersebut tidak relevan dan tidak menyentuh akar masalah yang sebenarnya. Gejala masalah mungkin hilang sesaat, tetapi masalahnya tidak selesai.
 Mengingat akibat yang ditimbulkan karena keliru dalam menentukan inti atau akar masalah, maka berikut diberikan tips yang kiranya dapat digunakan untuk meminimumkan kesalahan dalam mengidentifikasi dan merumuskan masalah. Ada baiknya, proses identifikasi masalah dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, obyek masalah harus dapat ditemukan lebih dulu. Selanjutnya dirumuskan sifat atau aspek dari masalah tersebut.

Kedua, memverifikasi masalah. Artinya, memastikan apakah obyek masalah yang ditemukan memang merupakan obyek masalah yang sesungguhnya. Untuk keperluan tersebut perlu dilakukan pengumpulan data sebagai pendalaman terhadap peristiwa/ kejadian/ data awal yang mengindikasikan adanya masalah. Bagian obyek masalah mana yang relevan, dimana letak penyimpangannya seberapa besar penyimpangan yang terjadi, kapan penyimpangan tersebut terjadi? Semua itu perlu diklarifikasi dan diverifikasi.

Ketiga, menentukan penyebab timbulnya masalah. Bagaimanapun setiap penyimpangan yang tidak sesuai harapan selalu ada penyebabnya. Penyebab-penyebab tersebut harus dapat ditentukan dengan tepat.

Keempat, menguji ketepatan penyebab. setelah diketahui kemungkinan-kemungkinan penyebab, penyebab-penyebab trsebut prlu diuji ketepatannya. Perlu dipastikan apakah penyebab tersebut benar-benar merupakan penyebab timbulnya masalah atau hanya sekedar akibat. Untuk  itu setiap kemungkinan penyebab yang ditemukan, harus senantiasa dicari, dicek dan diuji sampai penyebab yang sebenarnya dapat ditemukan.

Semoga tips diatas bermanfaat untuk menentukan inti  atau akar masalah yang sebenarnya dari apapun persoalan yang sedang dihadapi sehingga solusinya pun dapat merupakan solusi yang tepat sasaran.

Hari ini telah dibaca  kali

Postingan Populer

Postingan Lain Yang Perlu Dibaca

Dimensi Kualitas Produk Jasa

Arsip Blog