Model Kualitas Jasa Terpadu (Total Quality Service)




Model kualitas jasa terpadu atau disebut Total Quality Service adalah kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan berkualitas kepada orang yang berkepentingan dengan pelayanan, yaitu pelanggan,pegawai dan pemilik. Model ini adalah salah satu model yang digunakan oleh para eksekutif untuk dapat memahami kualitas secara lebih komprehensif agar dapat mengelola dan mengembangkan kualitas produk yang dihasilkan. Ada lima elemen dalam model Kualitas Jasa Terpadu.
Lima elemen penting yang saling terkait dalam model pelayanan mutu terpadu, antara lain:
  1. Penelitian pasar dan pelanggan. Elemen pertama ini merupakan penelitian untuk mengetahui struktur pasar, segmen pasar, demigrafis, analisis pasar potensial analis kekuatan pasar, mengetahui harapan dan keinginan pelanggan atas pelayanan yang di berikan
  2. Penyusunan Strategi. Elemen kedua yang merupakan petunjuk arah dalam memberikan  pelayanan berkualitas kepada pelanggan sehingga perusahaan dapat mempertahankan  pelanggan bahkan memperoleh pelanggan baru.
  3. Pendidikan, Pelatihan dan Komunikasi.  Merupakan elemen ketiga yang berbentuk tindakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya  manusia agar mampu memberikan pelayanan berkualitas.
  4. Proses perbaikan adalah desan ulang berkelanjutan untuk menyempurnakan proses pelayanan konsep P-D-C-A dapat di terapkan dalam perbaikan  proses pelayanan berkelanjutan ini.
  5. Penilaian. Pengukuran dan Feedback. Elemen yang merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari penilaian dan pengukuran kinerja yang telah di capai karyawan atas pelayanan yang  di berikan kepada pelanggan.
Pelaksanaan kelima elemen model kualitas terpadu tersebut secara sungguh-sungguh, akan menuntun terciptanya kualitas jasa pelayanan yang diharapkan. Selamat menjalankan.
Hari ini telah dibaca  kali

Postingan Populer

Postingan Lain Yang Perlu Dibaca

Dimensi Kualitas Produk Jasa

Arsip Blog