Tahukah Anda Apa Sebenarnya Yang Dimaksud Pengambilan Keputusan


Pengambilan keputusan adalah sesuatu  keseharian kita lakukan. Mulai dari bentuknya yang paling sederhana keputusan untuk bangun dari tempat tidur hingga keputusan-keputusan yang damp[aknya menyangkut hidup kita. Sebenarnya sejak masa balita, disadari atau tidak disadari setiap orang sebenarnya telah belajar dan terlibat dalam aktivitas yang disebut pengambilan keputusan. Meski kemudian kita sering mengatakan bahwa ada orang yang cekatan dalam mengambil keputusan. Ada juga yang kita sebut sebagai orang yang kurang dapat mengambil keputusan. Terlepas dari itu semua, baik kalau kita coba memahami apa sebenarnya pengambilan keputusan itu? Namun sebelum itu kita coba pahami lebih dulu apa itu keputusan.

Secara sederhana, keputusan dapat diartikan sebagai hasil penyelesaian masalah. Dengan kata lain keputusan adalah jawaban yang pasti atas pertanyaan mengenai apa yang harus dilakukan. Lebih jauh, juga dapat dikatakan bahwa keputusan adalah hasil dari proses pemikiran yang berupa pemilihan satu diantara beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah. Bisa juga dikatakan bahwa keputusan adalah penentuan suatu pilihan atau arah tindakan tertentu. Keputusan adalah hasil dari pengambilan keputusan.

Dari perspektif akademik, ruang lingkup keputusan dikelompokkan menjadi keputusan strategis dan keputusan operasional. Disebut keputusan strategis bila keputusan yang diambil terkait kebijakan dan arah organisasi. Dikatakan keputusan operasional, bila suatu keputusan menyangkut kegiatan operasional sehari-hari. Kedua jenis keputusan tersebut sama pentingnya. Keputusan strategis menyita paling banyak perhatian karena pengaruh keputusan tersebut pada pertumbuhan dan perkembangan organisasi. Pendek kata, menyangkut kelangsungan hidup organisasi. Keputusan operasional,

Lalu apa yang dimaksud dengan pengambilan keputusan (decision making) adalah melakukan penilaian dan menjatuhkan pilihan. Namun kalau kita coba lihat pendapat para ahli, maka dapat kita temukan ada begitu banyak definisi atau pengertian pengambilan keputusan diantaranya  adalah definisi atau pengertian yang dikemukakan oleh G.R. Terry.  Menurut G.R. Terry pengambilan keputusan adalah  pemilihan yang didasarkan kriteria tertentu atas dua atau lebih alternatif yang mungkin.

Menurut Claude S. George, JR, pengambilan keputusan merupakan proses yang dikerjakan oleh kebanyakan manajer yang berupa suatu kesadaran, kegiatan pemikiran,  pertimbangan, penilaian dan pemilihan diantara sejumlah alternatif. Horold dan Cyril O’Donnell  berpendapat pengambilan keputusan  adalah pemilihan diantara alternatif mengenai suatu cara bertindak yaitu inti dari perencanaan, suatu  rencana tidak dapat dikatakan tidak ada keputusan, suatu sumber yang dapat dipercaya, petunjuk atau  reputasi yang telah dibuat. Sementara, P. Siagan  berpandangan bahwa pengambilan keputusan adalah suatu pendekatan sistematis terhadap suatu masalah, pengumpulan fakta dan data, penelitian yang matang atas alternatif dan tindakan.

Dari beberapa definisi atau pengertian pengambilan keputusan yang telah dikemukakan, diperoleh gambaran singkat bahwa pengambilan keputusan merupakan  proses pemilihan alternatif terbaik dari beberapa alternatif  yang dilakukan secara sistematis untuk pemecahan masalah. Setiap orang menglami proses itu di dalam dirinya. Bagaimana kemudian proses itu berlangsung dalam diri seseorang atau organisasi, akan menentukan kualitas keputusan yang dihasilkan. Proses pengambilan keputusan tersebut bisa berlangsung cepat bisa lambat. Bila masalah yang dihadapi bersifat reguler atau rutin, maka proses pengambilan keputusan penanganan masalah bisa berlangsung cepat.








Hari ini telah dibaca  kali

Postingan Populer

Postingan Lain Yang Perlu Dibaca

Dimensi Kualitas Produk Jasa

Arsip Blog