Tips Memperbaiki Kualitas Jasa Pelayanan


Bila kita mengkaitkan jasa dengan kualitas, maka pelayanan terbaik pada pelanggan dapat di capai secara konsisten dengan memperbaiki pelayanan dan memberikan perhatian khusus pada standar kinerja pelayanan, baik internal maupun eksternal. Terkait dengan hal tersebut, ada beberapa kata kunci yang perlu mendapat penekanan, antara lain


  1. Exellent. Artinya jasa memerlukan suatu standar  kinerja, setidaknya dalam hal prosedur untuk menghasilkan jasa berkualitas tinggi
  2. Customer adalah perorangan, kelompok, departemen atau perusahaan yang menerima, membayar output pelayanan.
  3. Service adalah kegiatan  utama atau pelengkap yangb tidak secara langsung terlibat  dalam proses pembuatanh produk, tetapi lebih menekan kan pada pelayanan taransaksi  antar penjual dan pembeli
  4. Quality adalah sesuatu yang secara kusus  dapat diraba atau tidak dapat di raba dari sifat yang dimiliki oleh jasa.
  5. Levels adalah suatu pernyataan atas sistem yang di gunakan untuk  memonitor dan mengevaluasi.
  6. Consistent adalah tidak memiliki variasi  dan semua pelayanan berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
  7. Delivery adalah memberikan pelayanan yang benar dengan cara yang benar dan dalam waktu yang tepat.
Ketujuh hal tersebut perlu menjadi pusat perhatian kita bila kita ingin mengembangkan kualitas jasa pelayanan yang kita tawarkan kepada konsumen. Penekanan kualitas pada tujuh hal tersebut, dipercaya akan menciptakan kepuasan konsumen kita.
Hari ini telah dibaca  kali

Postingan Populer

Postingan Lain Yang Perlu Dibaca

Dimensi Kualitas Produk Jasa

Arsip Blog