Mengukur Kualitas Melalui Penelitian Pasar



Pengukuran kualitas dapat dilakukan melalui melalui penelitian pasar mengenai persepsi konsumen terhadap kualitas produk dan kualitas jasa pelayanan dan perhitungan biaya kualitas.
Bila pengukuran kualitas dilakukan melalui penelitian pasar, maka ada berbagai cara yang dapat digunakan, seperti:
  1. Menemui konsumen secara langsung. Konsumen ditemui secara langsung untuk diminta pendapatnya tentang kualitas produk kita. Secara teknis dapat dilakukan dengan menemui satu persatu atau dikumpulkan dalam satu pertemuan.
  2. Survei. Beberapa konsumen yang jumlahnya ditentukan dengan menggunakan kaidah statistik dimintai pendapat melalui beberapa pertanyaan tertulis tentang kualitas produk. Pertanyaan tertulis bisa diberikan langsung, bisa juga melaui post atau email.
  3. Sistem pengaduan konsumen. Sistem ini telah jamak dilakukan dengan berbagai cara misalnya dengan menyediakan kotak kritik saran atau dengan menyediakan alamat/ telp kontak tertentu yang dikhususkan untuk mengakomodasi keluhan pelanggan.

Demikian cara mengukur kualitas dengan meminta pendapat pasar atau konsumen tentang kualitas untuk produk tertentu secara umum atau kualitas produk tertentu untuk merek tertentu. Pendapat konsumen akan menjadi acuan untuk mengembangkan produk yang berkualitas menurut persepsi atau harapan pasar atau konsumen.
Hari ini telah dibaca  kali

Postingan Populer

Postingan Lain Yang Perlu Dibaca

Dimensi Kualitas Produk Jasa

Arsip Blog